10 Tips Paling Aman Mudik Lebaran Berkendara

10 Tips Paling Aman Mudik Lebaran Berkendara

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat di nanti- nanti oleh umat muslim di seluruh dunia termasuk negara yang mayoritas merupakan muslim yakni Indonesia. Salah satu tradisi yang sangat unik serta sebagai momen langka setiap tahunnya merupakan tradisi mudik lebaran, dimana tradisi ini merupakan tradisi balik ke kampung halaman masing- masing untuk berkumpul berbarengan keluarga besar memperingati hari raya idul fitri. Sebab semangat serta antusias pada saat hendak mudik, maka Kamu wajib mencermati sebagian tips aman mudik lebaran secara singkat tetapi berakibat baik untuk keselamatan Kamu hingga tujuan.

Kembali kampung ataupun mudik bukanlah sesuatu hal yang berat untuk yang menempuh perjalanan selama beberapa jam saja. Tetapi, gimana bila harus menempuh perjalanan berhari- hari, ditambah lagi wajib bawa kendaraan individu, keadaan fisik/tubuh betul- betul wajib dilindungi. Mudik lebaran dapat kalian jalani dengan bermacam- macam scara salah satunya berkendara dengan kendaraan pribadi. Keamanan serta kenyamanan jadi aspek yang sangat berarti pada saat mudik, terlebih yang menempuh perjalanan sampai satu ataupun 2 hari. Keadaan kendaraan juga wajib betul- betul siap, mulai melaksanakan perawatan sampai pengecekan saat sebelum keberangkatan. Persiapkanlah dengan matang rencana mudik Kamu, sebab keluarga telah menunggu kedatanganmu di kampung halaman.

Berikut kami sampaikan 10 tips paling aman berkendara saat mudik lebaran yang dapat di jadikan pedoman supaya selamat hingga tujuan.

10 tips paling aman berkendara saat mudik lebaran

1. Buat Catatan Benda Bawaan

Walaupun sangat simpel, tetapi dengan membuat catatan benda bawaan hingga seluruh kebutuhan akan lebih mudah untuk dibawa. Dengan membuat catatan benda bawaan makan akan meminimalisir kemungkinan lupa membawa.
Buatlah skala prioritas dari benda bawaan kamu, mulai dari yang sangat berarti, bernilai, kurang berarti sampai hingga tidak penting sama sekali. Sebab banyak sekali pemudik yang sangat banyak bawa barang sampai kendaraanya over capacity.

2. Keadaan Tubuh

Keadaan tubuh sangat berarti dalam perjalanan mudik, bila keadaan badan kurang sehat, gimana dapat melaksanakan mudik? Terlebih yang hendak menempuh perjalanan panjang selama beberapa hari. Hingga wajib dipastikan keadaan kesehatan kamu betul- betul prima.

3. Cek Kondisi Kendaraan

Kendaraan jadi komponen yang sangat berarti dalam mudik, dapat diibaratkan pula kalau kendaraan jadi tulang punggung ataupun senjata pada saat mudik. Saat sebelum mudik, yakinkan lah kalau kendaraan yang akan dipakai itu betul- betul dalam kondisi terbaiknya.
Jalani service serta pengecekan beberapa hari saat sebelum mudik supaya ketika di dalam perjalanan kendaraan yang kita pakai tidak rewel serta mogok. Cek seluruh komponen mulai dari ban, rem sampai oli.

4. Bawa Kotak Obat

Kotak obat ini sangat berarti dibawa dalam mudik, terlebih yang tidak terbiasa melaksanakan perjalanan panjang biasanya tubuh beresiko merasa keletihan serta masuk angin. Maka sediakanlah minyak angin, betadine, balsam serta yang lain.
Cek kembali obat- obatan yang terdapat di dalam kotak obat tersebut apakah masih kadaluarsa ataupun tidak. Bila bawa anak- anak pada saat mudik, sediakanlah obat lebih buat mereka sebab biasanya mereka masih belum bisa untuk perjalanan jauh.

5. Power Bank serta Pulsa

Era saat ini dengan terdapatnya smartphone memberi kemudahan untuk para penggunannya. Bermacam macam aplikasi untuk memudahkan perjalanan kita mulai dari peta, jalan- jalan yang mengalami kemacetan, dan video seputar mudik.
Jangan sampai smartphone kehabisan baterai serta habis pulsa, karena fungsi smartphone akan hilang.

6. Peta Jalan Mudik

Data dari peta jalan mudik ini hendak memudahkan kamu dalam memperoleh kabar seputar tempat rehat, posko, pom bensin, bengkel serta keadaan jalur. Pastikanlah kamu mengetahuinya agar bisa melaksanakan mudik dengan nyaman, aman serta mudah.

7. Ketahui Arus Mudik serta Arus Balik

Sangat berarti buat mengenali arus mudik serta arus balik. Perihal ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh ketika arus balik. Jangan pulang terlalu mepet dengan arus balik. Minimun h- 1 masuk kantor ataupun sekolah kanak- kanak harus sudah berada di rumah. Pakai waktu sepanjang satu hari itu buat istirahat supaya tidak kelelalahan saat masuk kantor serta sekolah. Saat kamu mengetahui arus balik serta arus mudik, dapat memprediksikan waktu yang pas supaya tidak terkena macet.

8. Bekal Makanan

Bekal santapan jadi barang yang sangat harus untuk dibawa, bawalah makanan yang instan serta gampang dimakan kala dalam kendaraan. Bawa makanan pada saat mudik juga akan menghemat anggaran biaya, sebab umumnya rumah makan ataupun restoran baiasanya menaikan harga saat lebaran datang. Bawalah makanan berat serta makanan ringan buat mengganjal perut. Terlebih bila bawa kanak- kanak dalam perjalanan mudik hingga persediaan makanan juga wajib dicukupkan, jangan sampai anak menangis ataupun rewel gara-gara tidak terdapat makanan.

9. Membawa Uang Tunai serta ATM

Bawalah uang tunai seperlunya saja, jangan sangat berlebihan, sebab uang yang terdapat di dompet akan membuat kamu mau terus berbelanja. Hendaknya membawa ATM saja sebab saat ini di bermacam wilayah telah banyak mesin ATM yang mudah buat di temui.

10. Catat Nomor Telpon Penting

Nomor telpon jadi sangat berarti bila terjadi hal yang tiba- tiba dan tingkat urgensinya besar. Simpanlah nomor telpon dari Jasa Marga, Info Jalan Tol, Telpon polisi. Jika terjadi apa- apa maka akan sangat gampang untuk kamu buat menghubungi nomor- nomor tersebut.

Itulah 10 panduan yang harus Kamu catat serta di ingat baik- baik, sebab keselamatan Kamu senantiasa menjadi prioritas utama, jangan lupa bila Kamu merasa letih dikala berkendara maka berhentilah dan mencari rest area terdekat buat istirahat sejenak.

Selamat mudik, mudah- mudahan selamat hingga tujuan karena keluarga besar telah menunggumu di rumah. Jangan lupa saat hari raya wajib tampilpakai pakaian terbaik yaa.